Kamis, 03 Januari 2013

Alasan Honda CB150R Streetfire Memakai Ban 17

Honda cb150r Streetfire
Alasan Honda CB150R Streetfire Memakai Ban 17 - Sempat juga muncul tanda tanya itu di benak saya kok Honda CB150R Streetfire memakai ban ukuran standart ring 17. Sedangkan kompetitornya sekarang memakai ban gambot. Apa ntar ga kalah garang daripada kompetitornya? Ternyata ada alasan tersendiri bagi honda memasang ban ring 17 standart.

Honda CB150R streetfire adalah motor yang dibekali dengan mesin DOHC turunan dari CBR150R. Seperti kita tahu bahwa motor bermesin DOHC biasanya kalah pada putaran bawah tetapi unggul pada putaran atas. Padahal jalanan di Indonesia ini sangatlah sedikit untuk trek-trek lurus. Konsumen lebih sering dihadapkan pada jalanan macet dan trek-trek pendek. Jika nanti motor ini dipakai buat harian jelas kurang nyaman.

Maka dari itu harus dilakukan perubahan karakter dari motor bertipe mesin race tetapi tetap enak dibuat harian. Perubahan yang dilakukan salah satunya dengan memasang ban ukuran 100/80-17. Apa efeknya? Jelas ada perubahan dari soal akselerasi. Motor menjadi lebih enak dipakai buat akselerasi dijalanan macet atau trek-trek pendek. Atau dipakai buat di jalanan kota dimana banyak lampu merah dan mewajibkan pengendara untuk stop and go sewaktu-waktu. Ga percaya? Coba aja ban sepeda biasa anda ganti dengan ban sepeda anak yang lebih kecil. Hasilnya ketika sepeda dikayuh menjadi lebih enteng berputar dengan sedikit beban.

Ya memang ga seekstrem itu sih kalo perbandingannya. Cuma mau menunjukan logikanya saja. Perubahan ban menjadi lebih kecil ini bisa membantu akselerasi motor DOHC ini. Ya meskipun harus mengorbankan top speed berkurang sedikit. Tapi tujuannya jelas mengejar akselerasi sehingga tetap enak dipakai buat harian maupun touring.

Adakah perubahan lainnya untuk membuat motor berkarakter sport ini supaya tetap enak dipakai buat harian. Apakah hanya dengan merubah ukuran ban saja sudah cukup? Sebenarnya sih masih ada faktor lain yang dirubah. Untuk bagian lain yang diubah akan diteruskan lagi pada artikel lain yang akan menyusul. Sekarang lagi kepincut bikin artikel Yamaha Nouvo SX. Update artikel ada di pos ini

2 komentar:

Yudha Depp mengatakan...

Emang keren tuu motor
http://yudhadepp.blogspot.com/2012/12/honda-kualitasmu-bobrok-salah-siapa.html?m=1

krisna mengatakan...

Hehehehe

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More