Senin, 18 Maret 2013

Acer Iconia PC Tablet dengan Windows 8


Acer sebagai salah satu perusahaan pembuat gadget terbesar di dunia kembali mengeluarkan produk terbaru mereka yaitu Acer Iconia PC Tablet dengan Windows 8. PC Tablet ini menggunakan windows 8 sebagai sistem operasinya, mengikuti trend yang sedang ada saat ini. Jika tahun lalu Android dan Ipad menjadi sistem operasi yang sedang booming maka windows di tahun ini mau menggeser kedua sistem operasi tersebut. Tak salah jika Acer mencoba membenamkan sistem operasi windows 8 pada PC tablet terbaru mereka. PC tablet dari Acer yang sudah memakai windows 8 adalah Acer Iconia W510 dan Acer Iconia W700. Kedua PC tablet tersebut cukup menarik perhatian dan cukup enak untuk dibahas.


desain acer iconia w510 PC tablet dengan windows 8
Acer Iconia Tablet PC dengan Windows 8

Sekilas Tentang Acer Iconia PC Tablet


Acer secara konsisten mengeluarkan produk PC tablet. Salah satu produk PC tablet Acer adalah Acer Iconia. Mulai dari awal diciptakan, PC tablet ini sudah mengalami banyak perubahan pada setiap serinya. Terdapat berbagai macam seri dengan spesifikasi rendah (low end) sampai spesifikasi yang tinggi (high end). Acer Iconia tidak selalu menggunakan sistem operasi Android tetapi juga memakai sistem operasi windows seperti pada PC tablet Acer Iconia W510 dan Acer Iconia W700 yang sudah memakai windows 8.


Mengapa Memakai Windows 8?


Windows 8 adalah sistem terbaru dari microsoft corp yang diluncurkan pada 26 Oktober 2012 lalu. Windows 8 ini mengalami banyak perubahan daripada versi-versi sebelumnya. Perubahan yang tampak nyata adalah pada menu startscreen yang tidak lagi monoton. Pada startscreen terdapat menu-menu berbentuk kotak-kotak dinamis dengan kombinasi warna yang serasi dengan warna backgroundnya. Microsoft menyebut tampilan user interface ini dengan sebutan Metro User Interface.
Windows 8 dapat dibedakan menjadi 3 jenis berdasarkan target pemakaiannya. Yang pertama adalah Windows 8 yang umum digunakan pada Personal Computer (PC). Yang kedua adalah Windows 8 RT yang digunakan pada tablet PC. Yang ketiga adalah Windows Phone 8 untuk Smartphone.
 
Ada beberapa alasan mengapa windows 8 ini menjadi bahan pertimbangan untuk diumasukkan ke dalam PC  tablet sebagai sistem operasinya:
  1. Desain user interfacenya yang lebih modern
  2. Grafis yang lebih responsif karena menggunakan subsistem grafis dimana Direct X digunakan untuk merender text dan berbagai grafik.
  3. Mampu berjalan baik pada PC biasa, PC tablet dan Smartphone.
  4. Multitouch pada screen bisa berjalan dengan baik.
Berbagai kemajuan ini  bisa menjadi pertimbangan tersendiri  untuk memasukkan windows 8 sebagai sistem operasi pada PC tablet. Tak salah jika Acer juga mengeluarka produk mereka Acer Iconia PC Tablet dengan Windows 8.

Review Acer Iconia PC Tablet W510

  • Desain Acer Iconia W510

Secara desain Acer Iconia W510 PC tablet didesain seperti pada umumnya PC tablet . Berbentuk kotak dan terdapat lekukan bezel pada tiap sisi-sisinya. Meskipun berbahan plastik chasingnya namun karena warna dominannya adalah silver maka membuat tablet PC ini seperti terlihat mewah. Penggunaan plastik sebagai material utamanya membuat tablet PC ini lebih ringan. Kita lihat lebih detail lagi desainnya melalui gambar-gambar acer iconia w510 dibawah ini:

desain acer iconia w510 PC tablet dengan windows 8
Acer Iconia w510 tanpa keyboard dock
Layarnya berukuran 10.1 inci, seperti umumnya PC tablet. Warna hitam lebih dominan dibagian layar dan dilapisi warna silver pada sisi dan bagian belakangnya. Paduan warna yang cukup serasi dan membuat terlihat tetap exclusive.

desain acer iconia w510 PC tablet dengan windows 8
Acer Iconia W510 dengan keyboard dock
Jika keyboard dock dipasang maka akan menjadi convertible laptop. Kita bisa lebih leluasa mengetik dan menggerakkan kursor dengan tuochpadnya. Membuat posisi lebih nyaman ketika mengerjakan sesuatu dengan pc tablet ini.

desain acer iconia w510 PC tablet dengan windows 8
Bagian Atas dan Belakang Acer Iconia W510
Pada bagian atas terdapat jack audio 3.5mm untuk mendengarkan audio melalui earphone. Selain itu terdapat tombol autorotate dan unlock. Dibagian belakang atas terdapat kamera 8 megapixel sehingga mudah dalam mengambil gambar.

Desain acer iconia W510 PC tablet dengan windows 8
Bagian Samping Kanan Acer Iconia W510
Pada sisi kanannya terdapat slot mini HDMI, slot micro SD, slot micro USB serta tombol volume. Acer juga memasang speaker stereo pada sisi kanan kiri sehingga volume yang dihasilkan cukup optimal.
  • Spesifikasi Acer Iconia W510

Acer Iconia W510 Tablet PC dibekali dengan prosesor Intel Atom Z2760 1,8 Ghz dan memori RAM sebesar 2 MB. Dengan prosesor dan memori RAM sebesar ini, sudah cukup untuk menjalankan windows 8. Layarnya menggunakan layar TFT dengan resolusi 1.366 x 768 pixel didukung dengan grafis dari intel GMA. Teknologi IPS wide view angle membuat tampilan gambar yang dihasilkan terlihat lebih jernih, cerah dan tajam dilihat dari berbagai sudut. Media penyimpanan yang diberikan sebesar 64 Gigabyte Hardisk SSD(Solid State Disk). Media penyimpanannya juga bisa dibuat lebih besar lagi dengan menambahkan kartu micro SD pada portnya. Spesifikasi lengkap Acer Iconia W510 dapat dilihat ditabel dibawah ini.


SpesifikasiDetail
Processor1.8GHz Intel Atom Z2760
Memory2GB, 1,066MHz DDR2
Hardisk64GB SSD
GrafisIntel GMA
Sistem OperasiWindows 8
Dimensi10.2x7.3 inches
Berat2.8 pounds / 3 pounds (screen + keyboard)
Ukuran Layar10.1 inches
VideoMicro-HDMI
AudioStereo speakers, combo headphone/mic jack
Koneksi Data1 USB 2.0 (tablet), 1 USB 2.0 (base), Micro-SD card reader, Bluetooth
Koneksi Internet802.11n Wi-Fi

  • Performa Acer Iconia W510

Daya tahan baterai acer iconia w510 ini cukup kuat yaitu sekitar 8 jam penggunaan normal tanpa keyboard dock. Jika ditambah dengan keyboard dock maka daya tahan baterai bisa mencapai 18 jam, karena keyboard docknya juga ada baterai tersendiri. Ketika PC tablet digunakan dengan keyboard dock maka konsumsi daya memakai daya dari baterai keyboard. Jika sudah habis maka konsumsi dayanya memakai baterai dari pc tablet. Selain itu yang menjadikan baterai Acer Iconia w510 ini lebih awet adalah penggunaaan prosesor Intel Atom Z2760. Prosesor ini sangat irit konsumsi dayanya tetapi sudah mampu menjalankan windows 8. Meskipun demikian, kinerja prosesor ini tidak bisa berkerja secara optimal menjalankan aplikasi-aplikasi yang berat. Akan ada jeda ketika kita menjalankan aplikasi-aplikasi secara bersamaan.

Pada saat digunakan, PC tablet ini dapat bekerja melaui 3 mode yaitu tablet mode, presentation mode dan productivity mode. Pada tablet mode, Acer Iconia W510 ini bekerja seperti fungsi utamanya yaitu sebagai PC tablet sehingga tidak membutuhkan keyboard dock .
Acer Iconia W510 Tablet Mode
Tablet Mode
Mode yang kedua adalah presentation mode. Pada mode ini kita bisa menggunakan Acer Iconia W510 PC Tablet bersamaan dengan keyboard dock. Posisi keyboard dock terbalik dan layar berhadapan langsung dengan penggunanya. Dengan mode ini kita bisa mempresentasikan hasil kerja kita atau melakukan kegiatan lain seperti browsing tanpa perlu memegangi PC tablet. Tak perlu takut kehabisan baterai karena konsumsi daya akan didukung dari keyboard dock.
presentation mode Acer Iconia W510 PC tablet
Presentation Mode
Mode ketiga adalah productivity mode. Mode ini sangat cocok jika kita ingin bekerja dengan Acer Iconia W510 sebagai convertible laptop. Posisi keyboard dan layar berhadapan langsung dengan penggunanya sehingga mudah bagi kita untuk mengetik dan mengarahkan kursornya.
productivity mode acer iconia w510 PC tablet
Productivity Mode


  • Harga Acer Iconia W510 

Untuk pasaran di Indonesia Acer Iconia ini dihargai Rp 5.999.000,- . Harga tersebut belum termasuk harga keyboard docking karena dijual terpisah. Sebagai perkiraan, saat ini harga keyboard dock Acer Iconia W510 adalah sekitar Rp 1.450.000,-. Jika ditotal maka harga Acer Iconia W510 PC tablet + keyboard dock sekitar Rp 7.450.000,-. Terlihat mahal memang karena kita juga sudah mendapatkan lisensi windows 8.
  • Overall Score Acer Iconia W510

Meskipun dengan spesifikasi yang tanggung, Acer Iconia W510 ini sudah mampu menjalankan Windows 8 sebagai sistem oprasinya. Nilai plus tersendiri dengan adanya windows 8 ini. Performa kurang begitu maksimal dengan adanya jeda saat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan menjadi kekurangan pada pc tablet yang dilengkapi windows 8 ini. Satu hal yang patut diacungi jempol adalah daya tahan baterainya yang lama.

Review Acer Iconia PC Tablet W700

  • Desain Acer Iconia W700

acer iconia w700
Acer Iconia W700
Acer Iconia W700 desainnya hampir mirip dengan Acer Iconia W510 yang sudah dibahas diatas. Tetapi ada beberapa perbedaan yang membuat Acer Iconia W700 lebih terlihat mewah. Acer Iconia W700 didesain tipis, elegan dan ringan. Layarnya berukuran 11.6 inchi dibalut dengan lapisan Gorilla Glass membuat tampilannya lebih indah.
Acer Iconia W700 Tampak Depan
Acer Iconia W700 Tampak Depan

Tampak Belakang Acer Iconia W700
Tampak Belakang Acer Iconia W700

Bagian belakangnya terbuat dari metal alumunium membuat chasingnya semakin kuat. Bagian-bagian dalam PC tablet ini semakin aman terlindungi.
Bagian sisi Menampung port-port
Bagian Sisi 1

Bagian sisi Menampung port-port
Bagian sisi 2

Bagian sisi Menampung port-port
Bagian sisi 3

Dibagian sisi-sisinya ada beberapa port yang disediakan. Dibagian sisi kiri terdapat port USB kecil dan USB 3.0 untuk konektivitas data. Terdapat juga jack audio 3.5mm yang siapmemanjakan telinga melalui musik dari earphone. Sisi lainnya memuat micro HDMI port, auto-rotation lock switch, power dan tombol volume.

Acer Iconia W700 ini juga dilengkapi denga docking untuk menyangga PC tablet. Penggunaannya cukup mudah saja, tinggal memasukkan PC tablet ke dalam docking dengan cara menggesernya ke dalam. Docking ini tidak hanya berfungsi sebagai penyangga saja, tetapi juga berfungsi sebagi pelindung tablet PC.

Docking Acer Iconia W700
Docking Acer Iconia W700

Karena sudah ada docking khusus, maka tidak ada keyboard dock. Jika ingin menggunakan keyboard maka disediakan keyboard tersendiri yang terhubung secara nirkabel. Ukuran keyboard juga lebih nyaman untuk mengetik dengan tuts keyboad yang lebih besar.

Keyboard wireless Acer Iconia W700
Keyboad Wireless 

  • Spesifikasi Acer Iconia W700

Acer Iconia W700 ini tergolong PC tablet dengan spesifikasi tinggi (high end). Dibekali dengan prosesor dual core generasi ketiga dari Intel yaitu Intel Core I3. Memorinya pun juga mumpuni, RAM sebesar 4 GB DDR3 ditanamkan di Tablet PC ini. Masalah grafis juga tak kalah hebat, Acer Iconia w700 memakai prosesor grafik HD 4000. Dengan spesifikasi seperti itu, kinerja PC Tablet akan semakin lancar. Dikarenakan tidak ada slot kartu memori maka seluruh media penyimpanan hanya tersedia pada hardisk bawaan. Hardisk bawaannya sebesar 64 GB SSD(Solid State Drive). Seluruh spesifikasi lengkapnya ada di tabel di bawah ini:



SpesifikasiDetail
ProcessorDual core, 1800 MHz, Intel Core i3
Memory4GB, DDR3 SDRAM
Hardisk64GB SSD
GrafisIntel HD Graphics 4000
Sistem OperasiWindows 8
Dimensi11.6 x 7.5 x 0.5 inches
Berat2.3 kg
Ukuran Layar11.6 inches
VideoMicro-HDMI
AudioDolby Home Theater v4, combo headphone/mic jack
Koneksi DataUSB 3.0, Bluetooth
Koneksi Internet802.11n Wi-Fi

  • Performa Acer Iconia W700

Layar Acer Iconia W700 memiliki resolusi 1,920 x 1,080 pixel yang membuatnya menjadi layar Full HD. Didukung dengan prosesor grafis HD 4000 maka layar menjadi lebih tajam dan jernih. Para penggemar Film akan sangat menikmati sajian gambar yang mantap dan satu lagi yang memanjakan para penikmat film, Acer Iconia W700 dilengkapi dengan teknologi Dolby Home Theater v4 pada sistem audionya.

Proses booting windowsnya sangat cepat dan ketika menjalankan start menu screen, semuanya berjalan smooth dan lancar. Iconia W700 bisa menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Bahkan untuk aplikasi-aplikasi atau game-game yang berat, PC tablet ini mampu menjalankannya tanpa ada jeda. Tak heran jika performanya optimal dikarenakan spesifikasinya menyamai sebuah laptop.

Untuk masalah baterai, daya tahannya bisa mencapai 9 jam. Daya tahan baterainya ini sangat awet melihat spesifikasinya yang tinggi. Jelas bisa memanjakan user untuk berlama-lama didepa PC tabletnya.
  • Harga Acer Iconia W700

Acer Iconia W700 ini dilepas dipasaran dengan harga berkisar 8 jutaan. Sangat sebading dengan spesifikasi yang tinggi dan tentunya dengan windows 8. Untuk keyboard sepertinya masih sulit untuk menjumpai dipasaran Indonesia dikarenakan Acer tidak menyediakannya. Tetapi jika ada yang ingin membeli, rasanya ada beberapa seller yang menyediakannya.
  • Overall Score Acer Iconia W700

Tidak diragukan lagi performa PC tablet ini. Aplikasi berjalan smooth tanpa ada jeda. Spesikasinya yang tinggi membuat tablet PC ini pantas untuk dipertimbangkan didaftar beli. Harganya juga terbilang murah untuk ukuran PC tablet dengan windows 8 dan spesifikasi seperti itu.


Acer Iconia PC Tablet dengan Windows 8


Kedua PC tablet ini mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Jika menginginkan PC tablet yang sangat portable dan mampu mendukung kebutuhan sehari-hari serta baterai yang tahan lama Acer Iconia W510 adalah jawabannya. Tetapi bila menginginkan PC tablet denga performa yang optimal dan lebih ekslusive maka Acer Iconia W700 sangat disarankan. Ini saja yag bisa meticmagic bisa bahas, kritik dan saran sangat diharapkan untuk membangun artikel "Acer Iconia PC Tablet dengan Windows 8" supaya menjadi lebih baik.

9 komentar:

TUKANG CoLoNG mengatakan...

gregetan pengen punyaaaaa >,<

Krisna Widhiyanta mengatakan...

hehehehe, pengen punya acer iconia dengan windows 8 yang mana mas?

A. Samsul Hidayatullah mengatakan...

terimakasih om jadi ngiler kepingin iconia pc tablet. heheh

oia kira-kira itu kuat berapa tahun, dan ada garansinya engga ?
satu lagi apa cuma bisa di instal OS windows 8 doang ? kalau pake os lain bisa gak ya ?
makasih udah mau share review iconia pc tablet.

di tunggu kunjungan baliknya gan Klik Disini

Wong Ndablek mengatakan...

Mantap Kang postingannya... detil banget... moga menang ya Gan .. salam super...

the others mengatakan...

Semoga aku bisa beli.... pengeeeennn....

Blogaul mengatakan...

Postingan yang menarik dan sangat bermanfaat buat banyak orang sobat. Thanks for sharing and keep blogging! :)

pnet mengatakan...

makasih buat reviewnya..

lintasmotor.com mengatakan...

Thank gan reviewnya

Daftar Obat Mudik mengatakan...

Processor semakin kecil maka produk komputer juga semakin tipis, reviewnya dalem gan,.. Thanks anyway

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More