Jumat, 16 November 2012

Penyebab Motor Oleng Sendiri Ketika Dikendarai

ban-oleng
Penyebab Motor Oleng Sendiri Pernah ketika mengendarai motor tiba-tiba motor terasa oleng sendiri. Motor oleng sendiri sangat terasa jika dipakai dijalan yang kurang baik. Tetapi motor juga bisa oleng sendiri di jalanan yang mulus jika sudah parah kondisinya. Tentunya motor menjadi tidak nyaman untuk dikendarai. Berikut ini penyebab motor oleng sendiri beserta cara menanggulanginya:


1. Periksa Karet Bantalan Shockbreaker Belakang. Jika karet sudah tidak solid lagi (tidak rapat) dan bisa digoyangkan berarti sudah saatnya ganti. Belilah karet bantalan yang asli karena ukurannya pas dan akan rapat. Pasanglah dan periksa apakah sudah tidak goyang lagi atau tidak. Jika masih belum rapat bisa dilakukan penambahan karet bekas ban dipotong kemudian dimasukkan untuk menambah kekuatan bantalan.

Periksa Karet Bantalan Shock
2. Periksa pelek roda apakah ada bagian yang bengkong. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara menyetandar 2. Kemudian putar ban dan lihat gerakan roda. Jika ada bagian yang goyang berarti pelek ada yang bengkok. Bawalah ke tukang setel roda. Biayanya cukup terjangkau antara 20-30ribu.

pelek roda
Periksa pelek roda

3. Periksa bagian ban apakah ada benjolan atau ada bagian yang tidak rata terutama dibagian sisi-sisinya. Bagian yang tidak rata ini biasanya yang membuat ban menjadi bisa oleng sendiri.
ban benjol
Ban Benjol dan tidak rata

4. Periksa laher (bearing) roda apakah ada bantalan peluru (gotri) yang pecah. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan cara menggoyangkan ban kekiri kekanan. jika ban kocak berarti ada gotri yang pecah. Sebaiknya langsung diganti saja. Harga laher juga sangat terjangkau kok.
bearing roda
Periksa laher bearing roda

5. Periksa komstir yang ada di sumbu dengan segitiga ban depan. Tanda laher komstir kocak sangat terasa jika dipakai di jalan yang tidak rata. Stang terasa ada bagian yang berbunyi "deg". Komstir ini biasanya sangat jarang rusak, rusak biasanya karena faktor umur. Sebaiknya diganti dan usahakan membeli sparepart yang ori karena ini sangat penting dan bisa bertahan lama.
komstir rusak
Laher komstir berkarat dan pecah

6. Periksa segitiga roda depan apakah bagian kiri dan kanan sejajar atau tidak. Jika tidak sejajar bawa ke tukang press body  untuk mensejajarkannya lagi.
segitiga roda
Segitiga harus sejajar kanan kiri

Itu tadi penyebab motor oleng sendiri. Lakukan pengecekan secara rutin bagian kaki-kaki supaya ban tidak oleng sendiri. Kenyamanan berkendara kan milik sobat biker semua.

28 komentar:

Anonim mengatakan...

bisa juga baut2 kerangka kendor , semua baut utama di kencangkan, baut di bodi kalo gk kencang jg efeknya getaran

yulianti mengatakan...

Mau tny gan..motor saya kalo dikendarai rasanya ban motor belakang kempes.kaya oleng gitu. Itu knpa ya??

vafrcor mengatakan...

Mantap infonya kawan (y) membantu kita-kita cek kendaraan sebelum berpergian jauh

7 Passenger Vehicles mengatakan...

mantabs super lengkap mas bro memang bener diantara hal diatas yang sering buat motor oleng gak karuan, hehehehe
7 Passenger Vehicles | 7 passenger SUV | http://www.7passengervehiclesworld.com

Muhamad Hariyadi mengatakan...

Coba cek per belakang (Shock absorber), biasanya per mati atau terlalu lembut

irfhan tandirano mengatakan...

Gan mw tannya motor klu jlnnya pelon kok belok sendri.apanya ya itu gan

tyui Ren mengatakan...

@irfhan tandirano pastikan tangan agan posisinya di setir semuanya. Hehe...

Gunawan Yuliana245 mengatakan...

gan sy mau tny...motor sy klo di belokin arah kiri mental mau nya lurus ajh...padahal ban dan kompstir sudah baru...dan klo trek lurus ban depan geradakan getar ga stabil...motor sy honda beat inj

Kopral Slowbutsure mengatakan...

gan mw tanya ni motor ane metic beat
knpa yhh ban blakang ane macet asal di kencengin bautnya kendor sendiri

Effan Kurniadi mengatakan...

Berarti motor nya gak mau di ajak ke kiri, dia mau jalan yg lurus, dan jalan yang lurus adalah jalan yang di ridhoi oleh Allah, dan mungkin agan yg satu ini selalu berdoa untuk d tunjukkan ke jalan yg lurus makanya motor jg ikutan jalan ke jalan yang lurus

Alfian Fadhilah mengatakan...

Motor aku selalu gak nyala nyala waktu dinyalain, padahal tanki bensinnya kosong, kenapa ya gan

Muhdiat Ikhsan mengatakan...

Admin mw tanya ni,,kl motor matic beat jalan nya oleng j g enak dpkex selalu goyang pdhal felk n ban ud dgnti.ap pnyebabnya min?makasih

Muhdiat Ikhsan mengatakan...

Admin mw tanya ni,,kl motor matic beat jalan nya oleng j g enak dpkex selalu goyang pdhal felk n ban ud dgnti.ap pnyebabnya min?makasih

Anonim mengatakan...

Faktor muka juga bisa berpengaruh gan,mungkin motor situ geli dinaikin orang buluk

Anonim mengatakan...

@Anonim


Iya kayak lu sendiri buluk muka Mandera dan gila ... nggak ngaca !?

Tugiono Ono mengatakan...

Min, motor saya Mio GT, bagian cvt nya kok kayak ada yg oleng2 gto apa nya ya, padahal dah di ganti pully ny, roller,nya mangkok kopling nya, mintak solusi nya min.

Tugiono Ono mengatakan...

Min, motor saya Mio GT, bagian cvt nya kok kayak ada yg oleng2 gto apa nya ya, padahal dah di ganti pully ny, roller,nya mangkok kopling nya, mintak solusi nya min.

sewa mobil di malang mengatakan...

Bener kata agan, saya ganti ban mio j saya. Eh dah nggak oleng. Ternyata bannya memang sudah waktunya ganti. Bannya sudah bergelombang alias benjol2.

Anonim mengatakan...

Gan, kenapa motor saya ketika baru ganti ban depan, malah oleng atau nggak stabil

Erwin Armadi Alfa mengatakan...

Coba saudara tanya sama allah insya allah dijawab, allah itu maha tau 😅

Delia Sandra mengatakan...

Effan kurniadi:MATAMU KUWI GAN

Anonim mengatakan...

Om ban depan motor saya selalu ngebuang setiap di tikungan.. Apakah karetseal ditromol atau klaher rodanya yg udah aus.

Unknown mengatakan...

wkwkwk sadis ente gan 😂

Salman Faris mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

gan mau tanya donk, koq mtor saya gk mau nyala ya, pdalan udh saya nyalahin pke korek tetp ajh gk nyala.. mngkin kurng deket kali ya nyalhin korek nya ???

Unknown mengatakan...

Sewamobil malang.. cba cek biji ente juga gan, mngkin kegedean,, jadi ganjel di jok jdi bkin oleng mtor juga.. hahaaa..

Az nha mengatakan...

Motor ane suka gk nyala.pdahal tangki motor ane udah ane abisin.tetep gk nyala.tolong pencerahanya mbah

Harizahtul Nadiah mengatakan...

Gan mw nanya, motorku matic dan jarang d pake akibat di tinggal mudik sebulan, pas kemaren saya coba stater niatnya mw di panasin g mw nyala, abis itu saya coba lagi nyala, tapi motor saya rasanya mw lari sendiri padahal saya rem.. Kira2 itu knp y gan?

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More