Senin, 21 Januari 2013

Perbandingan New Vixion Lightning VS CB150R Streetfire (Part II)

Perbandingan New Vixion Lightning VS CB150R Streetfire - Melihat masih antusiasnya pembaca dalam membicarakan 2 motor anyar, New Vixion Lightning dan CB150R Streetfire maka saya memutuskan untuk membandingkan lagi kedua motor ini. Pada artikel perbandingan new vixion lightning vs cb150r streetfire sebelumnya, saya membandingkan dari segi desain, mesin, dan harga. Kali ini saya akan sebisanya membandingkan kedua motor ini dari segi performa, konsumsi bahan bakar dan top speed kedua motor ini.

perbandingan new vixion vs cb150r streetfire

Secara nyata bahwa kedua motor ini sama-sama bermesin kapasitas 150cc tetapi berbeda jenisnya. New Vixion Lightning berbekal mesin SOHC sedangkan CB150R Streetfire berbekal mesin DOHC. Diatas kertas New Vixion akan unggul untuk akselerasi dan CB Streetfire akan unggul di topspeed. Kenyataannya sangat berbeda bro. New Vixion berusaha mengupgrade power mesinnya sehingga tidak kalah di topspeed. Ini terlihat dari penambahan berbagai fitur yang bisa mendongkrak power mesin seperti pemasangan sensor oksigen. Hasilnya power motor menjadi meningkat. Sebenarnya New Vixion Lightning bisa didongkrak lagi performanya dengan mengganti ban yag lebih kecil. Tetapi dem alasan stylish dipasanglah ban gambot.

Disisi lain CB Streetfire berusaha mengejar ketertinggalan di akselerasi dengan mengubah beberapa komponen seperti penggunaan ban standart dan penggantian gear ratio menjadi 14:45. Hasilnya akselerasi meningkat dan enak dipakai dijalanan kota. Yah, meskipun mengorbankan topspeednya. Kalo mau lebih enak lagi kembalikan gir rasio menjadi 1:43 sehingga performa meningkat.

So kesimpulannya kedua motor ini 11-12 lah dalam hal akselerasi dan top speed. Sama-sama enak untuk akselarasi dan sama-sama enak untuk topspeed. Kalo masalah unggul mana masalah top speed? banyak faktor yang mempengaruhi seperti keadaan jalan, angin, kemahiran rider, nyali rider, dan bobot ridernya. Meskipun demikian untuk masalah topspeed sepertinya cb150r streetfire masih unggul diatas new vixion lightning. Yang jelas kedua motor ini bisa enak dipakai buat harian.

Masalah konsumsi bahan bakar New Vixion Lightning lebih unggul dibanding CB Streetfire. Mesin SOHC tentu akan lebih irit daripada mesin DOHC. Pada artikel saya sebelumnya, konsumsi bahan bakar cb150r streetfire 1:36.  Rasanya emang segitu untuk motor DOHC. Sedangkan Vixion konsumsi bahan bakarnya 1:50 untuk econoriding dan 1:38 untuk penggunaan racing. 

Jadi kesimpulan umumnya kedua motor ini punya kelebihan masing-masing meskipun agak sama karakternya. Sama-sama enak dipakai akselerasi dan sama-sama enak untuk topspeed. Kembali lagi ke selera masng-masing akan kedua motor ini. Saran dan kritik sangat diterima :)

baca juga artikel saya ini Bank Mandiri Bank Terbaik di Indonesia

9 komentar:

Yudha Depp mengatakan...

kelemahan kedua tu motor
sama-sama enggak boleh minum premium
dalam jangka waktu yang panjang
bakalan batuk batuk deh
http://yudhadepp.blogspot.com/2013/01/cb150r-enggak-niat-pamer-ya.html?m=1

krisna mengatakan...

nyipppp..... ya itu tadi mesin kompresi tinggi.

Anonim mengatakan...

masih bingung tp kyknya mending NVL aja...

krisna mengatakan...

Ga usah bingung mas. Sesuaikan dengan selera aja. Nvl: stylish, irit, akselerasi oke, power atas jg ga kalah. Cbstreetfire: stylish, lumayan irit, akselerasi ga kalah, unggul di tarikan atas.

Bheni Supriyanto mengatakan...

Bagus euy, bagus juga harganya he... Numpang share gan : Yuk Rekan-rekan kita nambah penghasilan Jadilah BSD Privat Lover's <<<<< http://bit.ly/14twkxy >>>>>> Pengajar Lulusan UI, UNJ, Unila, UIN, UGM dan PTN Lainnya. Menerima siswa SD-SMP-SMA-Alumni, untuk Pendaftaran klik <<<< http://bit.ly/X226g1 >>> Persiapkan UN & SNMPTN selengkapnya <<<< BSD Privat Jl. Ceger Raya No.56 Jurangmangu Timur Pondok Aren Tangerang Selatan Hub 0878 78 516 382 www.bsdprivat.blogspot.com >>>>>

47 Vix mengatakan...

Klo dr performa beda tipis tp dr desain lbh bgusan NVL.. CB modelny kyak vixion lama.. Kurang joss.. NVL mantabb..!!!

Anonim mengatakan...

SETUJU

Anonim mengatakan...

klo gw sih lebih mlih nvl karna udh bodynya keren jga bagus klo dmodifikasi

AUFA FARMA mengatakan...

kalau lebih enak dan nyantai harga juga bisa di jangkau,pakai metik aje gan

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More