Selasa, 13 November 2012

Persiapan-persiapan menghadapi musim penghujan

berkendara di musim hujan
Berkendara di Musim Hujan

Persiapan-persiapan menghadapi musim penghujan. Musim penghujan sudah tiba. Ada hal-hal yang harus dipersiapka untuk menghadapi musim penghujan. Berikut ini persiapan-persiapan yang harus dilakukan para bikers semua

1. Sudah pasti bawalah mantol hujan. Usahakan menggunakan mantol hujan yang berbentuk baju. Mantol jenis ini lebih aman buat para pemakai sepeda motor karena pas dengan badan, tidak terlalu sulit membelah angin. Berbeda dengan mantol hujan dengan model jas hujan, model ini akan susah membelah angin sehingga motor berat ketika melaju. Mantol hujan jenis ini juga rawan masuk ke gir rantai atau jeruji dibagian belakangnya. Sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kecelakaan.

2. Peralatan motor juga sebaiknya dibawa terutama obeng dan kunci busi. Bisa dimasukkan ke dalam bagasi motor supaya tidak ribet. Jika nanti motor mogok ketika karburator kemasukan air maka kita sudah siap dengan peralatan yang kita bawa. Cukup buang bensin yang ada di karbu dengan cara menutup kran bensin kemudian memutar baut saluran pembuangan sampai kosong. Selanjutnya buka busi dan lap bagian ujung busi untuk membersihkan air yang tercampur dengan bensin di karbu, Cara ini lumayan ampuh untuk mengatasi kemacetan motor yang terkena air karbunya.

3. Jika Hujan sangat lebat dan angin bertiup kencang sebaiknya menepi dan berteduh untuk menghindari resiko kecelakaan. Hujan lebat akan membuat pandangan kita menjadi kabur. Angin yang kencang juga akan membuat kita sulit mengendalikan sepeda motor.

4. Hindari jalan berlubang yang tergenang air. Kita tidak tahu kedalaman lubang yang tergenang air. Jika Lubang dalam maka kita akan sulit mengendalikan motor. Resiko kecelakaan akan semakin besar.

5. Hindari genangan air atau banjir supaya karbu tidak kemasukan air yang menyebabkan motor macet.

6. Selalu fokus dalam berkendara, jaga kondisi tubuh dan kendalikan emosi.

Itu tadi persiapan dalam menghadapi musim penghujan. Persiapan-persiapan kecil tersebut akan memperlanjar dan menjaga keamanan dalam berkendara selamamusim penghujan.

2 komentar:

pengobatan herbal mengatakan...

artikel yang sangat bagus sekali buat di simak

krisna mengatakan...

thanks atas kunjungannya bro.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More