Selasa, 13 November 2012

Kelebihan isi ban dengan nitrogen dibanding angin biasa

Kelebihan isi ban dengan nitrogen sekarang ini banyak sekali bengkel-bengkel ban menawarkkan jasa isi angin ban memakai nitrogen. Bukan hanya untuk mobil saja, tetapi sekarang sepeda motor juga banyak yang mengisi bannya dengan nitrogen. Wowww... aneh-aneh aja kan sekarang ini. Banyaknya jasa isi nitrogen ini dikarenakan nitrogen mempunyai beberapa keunggulan dibanding dengan angin biasa.

Isi ban nitrogen
SPBU Menyediakan Isi Nitrogen

Bila mengisi dengan udara biasa, terkadang udara yang dimasukkan terkandung banyak uap yang berisi air. uap air ini bisa saja memuai dan keluar dari ban kemudian menempel di velg. Akibatnya velg bagian dalam sering berkarat dan gampang keropos. Berbeda dengan nitrogen murni. kandungan molekul airnya tidak ada sehingga resiko velg berkarat dapat dikurangi.

Molekul-molekul udara juga gampang menguap jika suhunya panas kemudian keluar dari pori-pori ban. Ban bisa gampang kempes. Jika menggunakan nitrogen, Suhunya bisa stabil baik waktu dingin maupun panas karena sifat dari nitrogen yang dingin. gas tidak gampang memuai.Sifatnya yang padat juga membuat gas ini juga tidak mudah keluar dari ban. Karena suhunya tetap stabil maka tekanan gas pada ban juga stabil. Akibatnya ban bisa lebih awet karena ban tidak gampang benjol,berpori-bori atau tipis pada bagian tertentu saja.

Intinya dengan memakai nitrogen, tekanan gas ban dapat stabil. Kalo stabil kan ban tidak mudah bocor,kempes, ban benjol atau tipis sebelah. sesimpel itu.

Nah jika ingin mengisi ban dengan nitrogen, sebaiknya di bengkel ban yang sudah komplit peralatannya. Ban perlu dikuras dulu sampai habis udaranya sebelum diisi nitrogen supaya nitrogen tidak bercampur dengan udara biasa.Di bengkel isi nitrogen biasanya sudah ada alatnya. Sudah diukur juga tekanan yang pas untuk ban kendaaran brosist semua. Tetapi waspada juga dengan bengkel-bengkel isi nitrogen supaya tidak tertipu dengan nitrogen oplosan. Biasanya bengkel isi ban nitrogen yang bagus adalah bengkel ban yang sudah berpengalaman dan peralatan pengisiannya komplit.

Nah, itu tadi kelebihan-kelebihan isi ban dengan Nitrogen. Memang mahal dibanding isi angin biasa. Tetapi banyak kelebihan yang kita dapat dengan mengisi ban dengan Nitrogen.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More