Selasa, 13 November 2012

Tips Merawat Motor Terlihat Bersih dan Mengkilap

motor kinclong
Motor Kinclong
Tips Merawat Motor Terlihat Bersih dan Mengkilap. Bagi para bikers, kebersihan sepeda motor akan selalu dijaga supaya motor terlihat lebih mengkilap. Motor bersih dan mengkilap itu pasti enak dibawa kemana saja. Mau touring oke, mau kencan lebih pede, mau nungkrong tetap keren. Merawat sepeda motor supaya terlihat bersih mengkilap itu butuh ketelatenan dan kerajinan.


Hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat sepeda motor supaya terlihat bersih dan mengkilap antara lain:

1. Sering mencuci kendaraan itu sudah pasti. Yang perlu diperhatikan itu jangan mencuci motor memakai sabun colek atau deterjen. Bahan kimianya terlalu keras dan bisa mengikis lapisan cat motor. Hasilnya cat motor akan terlihat kusam karena warnanya pudar. Sekali dua kali sih ga masalah hanya saja jika keseringan untuk jangka waktu yang lama cat motor pasti akan pudar warnanya. Lebih baik memakai shampoo khusus sepeda motor yang banyak dijual di pasaran.

2. Jika sudah selesai dicuci usahakan motor benar-benar kering terutama bagian besi. Bisa dilakukan dengan mengelap menggunakan kain kanebo atau busa yang halus. Air yang menempel pada bagian besi terutama pada bagian knalpot, mesin, dan jari-jari motor akan membuat lapisan karat.

3. Jika ingin terlihat mengkilap, bisa dilakukan dengan memberi silicon (cairan pengkilap motor). Penggunaan silikon sebaiknya jangan banyak-banyak da ketika mengelap silicon ke motor dan jangan terlalu menekan dengan keras. Cukup pelan-pelan saja. Penggunaan Silikon sebaiknya jangan sering-sering karena akan mengikis lapisan cat.

4. Gunakan kain lap yang bersih dan lembut jika mengelap motor. Kain yang kasar akan menimbulkan goresan-goresan halus yang banyak. Jika keseringan maka goresan-goresan tersebut akan semakin kelihatan. Hasilnya cat motor semakin pudar warnanya.

5. Usahakan jauhkan sepeda motor terkena cahaya matahari langsung. Sering kita memarkir motor kita sembarangan. Motor terkena cahaya matahari langsung dan terkena panas. Cat akan memudar karena sinar matahari.

Itulah hal-hal yang harus diperhatikan dalam merawat sepeda motor terlihat bersih dan mengkilap. Semoga tips ini berguna buat brosist sekalian.

image from this

10 komentar:

Industrial Maintenance mengatakan...

terimakasih atas saranya

ululf01 mengatakan...

Makasih gan sudah berbagi ilmunya

moga bermanfaat dan ilmu bertambah

Unknown mengatakan...

Matap gan...

krisna mengatakan...

trimakasih atas kunjungannya buat semua. kunjungan balik sudah dilakukan. semoga tips merawat motor ini berguna

Beny mengatakan...

sudah tahu saya sob. Thanks

susu kambing etawa mengatakan...

Thanks info cara perawatan montor perawatan motornya bermanfaat,..

Unknown mengatakan...

Mohon konfirmasinya bhw silikon dapat mengikis cat. Sepengetahuan saya mengenai molekul kimia Silicone dari jenis Siloxane, tidak akan mengikis cat , malah melindungi cat dari sinar matahari krn ketahanan panas dari Silicone bisa mencapai 300 derajat celcius.

selimut mengatakan...

"5. Usahakan jauhkan sepeda motor terkena cahaya matahari langsung. Sering kita memarkir motor kita sembarangan. Motor terkena cahaya matahari langsung dan terkena panas. Cat akan memudar karena sinar matahari."
=========================================================
Baru tau kalo ada pengaruh ke cat motor..

Unknown mengatakan...

ok brow.bagus infonya

Gek mengatakan...

Se7

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More