Kamis, 29 November 2012

Honda Beat FI Mampu Menerjang Banjir

Honda Beat FI Mampu Menerjang Banjir - Honda sudah meluncurkan produk terbaru mereka yaitu honda beat fi. Motor ini adalah pengembangan versi sebelumnya dengan penambahan berbagai fitur dan sistem injeksi. Salah satu yang menarik dari motor ini adalah penempatan aki di dek bawah motor.

Nah ini uniknya, demi mendapatkan bagasi yang luas maka honda meletakkannya di bagian dek motor. Di Honda Beat lawas, aki tetap ditaruh di bagian bawah bagasi. Nah, bagaimana kalo banjir? pasti air bisa saja masuk ke aki di bagian dek ini dong. Motor bisa mogok kalo gini. Bisa juga terjadi korslet listrik yang membahayakan ECU.

posisi aki beat fi di dek
Penempatan aki di dek (gambar tmcblog.com)

Tetapi tenang saja, para  insinyur Honda sudah memikirkan hal ini. Tempat untuk penempatan aki ini sudah dibuat supaya air tidak naik ke kutub aki meskipun terendam banjir. Prinsipnya adalah memanfaatkan udara yang terjebak di dalam tempat aki untuk menahan air naik ke kutub aki motor. untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini.
Ilustrasi aki beat fi
Ilustrasi aki beat fi

Dari gambar diatas aki tidak akan terkena air karena udara yang terjebak itu akan menahan air keatas. Jadi aki akan mampu bertahan meskipun di taruh di dalam dek motor. Nah yang jadi pertanyaan adalah gimana kalo banjirnya ada gelombangnya? kalo ini tergantung saja sih bro, kalo gelombang banjirnya kecil seperti riak maka aman, coba kalo besar ya kurang tau ntar gimana.

Motor ini sudah diuji dengan simulasi memasukkan motor ke dalam bak akuarium dalam kondisi menyala roda berputar dan digoyang kanan kiri. Hasilnya motor masih bisa lancar jaya dan aki tetap kering meskipun ada basahan air seikit tetapi aki tetap oke.
Simulasi beat diceburin akuarium
Simulasi beat diceburin akuarium
Simulasi beat diceburin akuarium
Simulasi beat diceburin akuarium (sumber: bang wow)

Nah, inikan di akuarium, Gimana kalo pas lagi banjir? apa masih bisa beat fi menerjang banjir seperti pada simulasi itu?. Yang jelas nih motor sudah mampu bertahan di dalam air dan saya rasa bisa saja menerjang banjir asal gak sampe kelelep aja sampe bagian knalpotnya.  Kalo menerjang banjir sampai knalpot ya jelas motor akan mati.

Nah, kesimpulan saya adalah aki motor beat ini akan mampu bertahan ketika beat fi menerjang banjir. sekarang tinggal seberapa kuat bahan seal yang melapisi penutup aki pada dek  termasuk juga bahan yang dipakai untuk dek tersebut. Ya, seoga aja sealnya mampu bertahan lama dan deknya dibuat dari bahan yang kuat jadi gak rawan pecah.

4 komentar:

Kacam S. mengatakan...

Oke gan sangat bermanfaat infonya......

hery mengatakan...

Terbukti, tarik gurih2 nyoi

Wahyu Adi Wibowo mengatakan...

itu simulasi hanya untuk menunjukkan bahwa aki beat fi aman terhadap kemungkinan korslet saat terjang banjir.
namun jika anda ingin menerobos banjir, sebaiknya perhatikan 2 hal yakni filter udara dan busi jangan sampai terendam. knalpot terendam tidak menimbulkan mesin mati asal gas tetap ditarik.
batas aman terobos banjir adalah air tidak melebihi ketinggian as roda. cmiiw

Wahyu Adi Wibowo mengatakan...

nitip lapak

http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/10/honda-all-new-beat-fi-mampu-terobos.html

http://wawwiwiwaw.blogspot.com/2012/11/beat-fi-nyemplung-akuarium-72-jam.html

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More