Selasa, 23 Oktober 2012

Tips Merawat Motor Injeksi

Sepeda motor injeksi
Speda motor injeksi
Saat ini di Indonesia sedang marak beredar motor-motor dengan sistem injeksi. Sistem injeksi ini ditanamkan pada sepeda motor supaya motor menjadi lebih irit bahan bakar tetapi performa tetap optimal. Kehadiran teknologi injeksi ini terbilang baru dan para konsumen masih belum tahu bagaimana merawat motor bermesin injeksi. Jika kita tidak tahu bagaimana merawat motor injeksi, yang ada sistem injeksi ini akan cepat mati dan tentunya mahal untuk menggantinya.


Nah, apa yang perlu diperhatikan dalam merawat motor injeksi? berikut ini tips-tipsnya:

1. Jaga motor jangan sampai kehabisan bahan bakar
Salah satu kebiasaan orang adalah mengisi bahan bakar adalah dengan kira-kira pas saja. Namun berbeda dengan mesin injeksi. Jika motor kehabisan bahan bakar (bensin ataupun pertamax), maka kerja fuel pump (pompa bahan bakar) ,menjadi berat. motor menjadi panas dan bisa-bisa fuel pump ini bisa terbakar. Harga untuk ganti-nya itu mahal lho. vixion sekitar 700, dan supra x sekitar 900 rb.

2. Jangan menambah aksesoris (lampu, klakson) berlebihan
Lampu aksesoris umumnya memiliki voltase dan watt yang berbeda ddengan standart pabrik. Penggunaan lampu aksesoris ini akan memberatkan kerja ECU (Electronic Control Unit) karena tidak sesuai dengan stndart pabrik yang telah distel pada  ECU ini. Jika ingin menambah aksesori sebaiknya disesuaikan dengan watt dan voltase bawaan pabriknya.

3. Lakukan servis rutin
Ini adalah kuncinya. Servis motor secara rutin akan menjaga kebersihan saringan udara, saringan bensin dan throtle body-nya. motor injeksi adalah motor yang sangat rentan dengan yang berbau-bau "kotor". Kebersihan mesin akan selalu terjaga, ECU akan berjalan lancar kerjanya, dan hasilnya sistem injeksi akan lebih awet. sebaiknya melakukan servis rutin setiap pemakaian 3000km.

okse semoga tips-tips merawat motor injeksi ini bisa membuat motor injeksi kamu-kamu menjadi lebih awet dan dalam kondisi optimalnya.

5 komentar:

ululf01 mengatakan...

Makasih gan sudah berbagi ilmunya

moga bermanfaat dan ilmu bertambah

Arip Subagja mengatakan...

ilmunya bermanfaat banget nih, dukung safety riding dengan menggunakan helm, jaket motor, serta perlengkapan lainnya supaya aman dan nyaman di perjalanan

Krisna Widhiyanta mengatakan...

terimakasih semua sudah berkunjung. Siap dukung safety riding

bima mengatakan...

buat yang suka berkendara jauh dan medan yang berbukit2, usahakan sering beristirahat agar mesin kembali prima. karena motor injeksi akan berjalan lambat(lelet) ditanjakan bila sebelumnya tidak mengistirahatkan mesin kurang lebih min, 10 menit.

tokomap mengatakan...

ayo dukung kendaraan ramah lingkungan
fi tool

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More