Kamis, 04 Oktober 2012

Resiko memakai ban besar dan lebar di vixion

Memasang ban besar dan lebar di motor Vixion memang membuat motor jadi terlihat gagah dan garang. Kaki-kaki motor vixion akan menjadi lebih berotot dan kekar. Apalagi sasis motor Vixion sangat ampuh untuk bergaya. Rangkanya memakai deltabox dan sistem suspensinya sudah monoshock. Motor vixion juga dibekali pelek castwheel (pelek racing). Bagian depan bertapak 1.4 inci dan di bagian belakang 1.6 inci. Sangat cocok bila dipasang ban lebar.
Banyak pemilik memasang ban diatas standar pabriknya. Ban depan dipasangi ban berukuran 100/80-17 dan belakang 120/80-17. Padahal ukuran standart-nya, ban depan 2.75-17 dan belakang 90/90-17. Memang motor jadi terlihat keren dan gagah. Bisa dipakai buat gaya dan seperti moge. Tetapi pemasangan ban besar dan lebar ini punya beberapa efek negatif. 

1. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Jika memakai ban normal, motor vixion didalam kota bisa mencapai 43 km/liter, namun jika memakai ban lebar maka konsumsi bahan bakar bisa mencapai 32-34 km/liter. 
2. Motor jadi susah belok karena ban terlalu berat. Motor jadi susah dikendalikan jika masuk ke dalam kota. Apalagi jika motor dipakai buat kluar masuk kompleks yang penuh gang. Motor jadi susah dikendalikan. 
3. Motor susah bermanuver dan tidak lincah. Sangat tidak cocok jika dipakai buat harian di dalam kota dan jalanan macet. 

Oleh karena itu, jika kita tertarik memakaikan ban besar dan lebar, siap-siap merogoh kocek lebih dalam. Siap-siap juga tenaga ekstra buat ngendaliin motor. Tetapi pemasangan ban lebar ini cocok buat kamu-kamu yang sering melintasi jalan dan trek lurus dan kecepatan tinggi tanpa hambantan. Motor jadi lebih mantab dan stabil dikendarai.

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More