Rabu, 26 Desember 2012

Mobil Listrik Tucuxi, "Ferrari" Buatan Indonesia

Mobil Listrik Tucuxi, "Ferrari" Buatan Indonesia - Pada tahu tidak kalo putra bangsa Indonesia mampu membuat mobil seluxury mobil Ferrari. Adalah Danet Suryatama yang mampu membuat mobil ini. Danet Suryatama merupakan lulusan ITS yang kemudian ia sekolah lagi di Michigan. Dia 10 tahun bekerja di perusahaan mobil terkenal di Amerika, Chrysler. Dia adalah orang yang membangun mobil ini atas pesanan Dahlan Iskan, pak menteri BUMN yang sangat nyentrik itu.

Mobil listrik karya Danet ini dinamai Tucuxi, mampu menampung penumpang hingga 4 orang layaknya sedan biasa. Dengan menggunakan baterai Lithium Iron Phosphate atau Nano-Lithium, mobil ini sanggup melaju hingga 320 kilometer untuk sekali charge. Jarak tempuh yang sangat  lama untuk ukuran mobil listrik. Untuk urusan bodinya, Pak Dahlan Iskan mempercayakan rumah modifikasi "Kupu-Kupu Malam" yang ada di Jogja. Wong Jogja kebanyakan udah tau rumah modifikasi ini. Namanya udah kesohor nih rumah modif. Hasilnya sebuah mobil listrik mewah berwarna merah futuristik. Detailnya hasil modifnya ada dibawah ini bro.

mobil listrik tuxuci

mobil listrik tuxuci

mobil listrik tuxuci

mobil listrik tuxuci

mobil listrik tuxuci

mobil listrik tuxuci

mobil listrik tuxuci

mobil listrik tuxuci

Gimana brosist, konsepnya sangat futuristik kan? Nih mobil kata pak Dahlan sudah dipesan oleh 100 orang lho. Emang produksinya terbatas saja mengingat mahalnya harga mobil ini. Di luar negeri  mobil seperti ini dihargai US$ 50000-80000 atau sekitar 3-5 Milyar !!! Nah lho, bener-bener mobil mewah to. Bahkan salah satu duta besar negara lain di Indonesia sudah memesan 1 mobil. Nantinya mobil tersebut mau dibawa ke Eropa untuk dikenalkan disana.

Nah, dengan kelahiran mobil listrik tucuxi ini, kita bisa tau bahwa putra-putri bangsa Indonesia ini dapat berprestasi. Mobil listrik  yang baru sedang dikembangkan oleh bangsa-bangsa barat, mampu juga dikembangkan oleh putra bangsa indonesia. Semoga pemerintah semakin sadar bahwa pendidikan itu sangat penting untuk melahirkan putra-putri Indonesia berprestasi.

Data Spesifikasi Mobil Listrik Tucuxi:

Baterai : Lithium Iron Phosphate atau Nano-Lithium
Jarak jelajah : 200-300 miles per charge
Lama pengisian baterai : Tergantung jenis baterai, bisa 4 jam
Kapasitas penumpang: 2 (+2) atau 4 penumpang
Kecepatan maksimum: 193 km/jam

Dimensi

Panjang: 4.426,9 mm
Lebar: 1.930,7 mm
Tinggi: 1.282,7 mm
Wheel Base: 3118.0mm / 122.8 in
Ground Clearance: 150,9 mm
Curb Weight: 1.112,1 Kg

5 komentar:

Arif mengatakan...

Kok gak di paparkan berapa persen dari komponen mobil itu yang impor dan berapa persen yang membuat sendiri?
Nanti akan ketahuan penilaian kita terhadap manufatur di Indonesia.

krisna mengatakan...

maaf mas, keterbatasan sumber artikel :)

mobil baru mengatakan...

keren gan mobil listrik elektrik...lanjutkan..:)

Psikologi UMA mengatakan...

Artikel yang sangat bermanfaat

yuk kunjungi juga

Program Studi Teknik Elektro Universitas Medan Area Mengadakan Kuliah Umum Pengembangan Mobil Listrik

https://www.uma.ac.id/berita/program-studi-teknik-elektro-universitas-medan-area-mengadakan-kuliah-umum-pengembangan-mobil-listrik

Psikologi UMA mengatakan...

https://www.uma.ac.id/berita/program-studi-teknik-elektro-universitas-medan-area-mengadakan-kuliah-umum-pengembangan-mobil-listrik

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More